Thursday, June 25, 2015

filosofi penyakit miningitis

Materi Filosofi Penyakit Miningitis 

Pengertian Miningitis
Miningitis adalah radang umum pada araknoid  dan piameter, disebabkan oleh bakteri, virus, riketsia, atau protozoa, yang dapat terjadi secara akut dan konis.

manifestasi klinis
keluhan pertama biasanya nyeri kepala. nyeri ini dapat menjalar ke tengkuk dan punggung.tengkuk menjadi kaku. kaku kuduk disebabkan oleh mengejangnya otot-otot exstensor tengkuk.bila hebat, terjadi opistotonus,yaitu tengkuk kaku dalam sikap kepala tertengadah dan punggung dalam sikap hiperekstensi.kesadaran menurun.tanda kernig dan brudzinsky positif.

klasifikasi
miningitis dibagi menjadi dua golongan berdasarkan perubahan yang terjadi pada cairan otak, yaitu miningitis serosa dan miningitis purulenta.
miningitis serosa adalah radang selaput otak araknoid dan piameter yang disertai penyebab lain seperti lues, virus, toxoplasma gondhi, ricketsia.
miningitis purulenta adalah rdang bernanah araknoid dan piameter yang meliputi neisseria meningitidis (menikokok), streptococus haemolyticus, staphylococcus aureus, haemophilus influenzae, escherichia coli, klebsiella pneumoniae, pseudomonas aeruginosa.
 

No comments:

Post a Comment